Login cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek Penerima Bantuan PKH

Login cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek Penerima Bantuan PKH



Pemerintah menyalurkan sejumlah bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat miskin yang terdampak Covid-19. Salah satu jenis bansos yakni Program Keluarga Harapan (PKH) yang sudah cair bulan September ini. 

PKH merupakan bantuan yang ditujukan untuk ibu hamil hingga anak sekolah. Bantuan ini berupa uang tunai dan sembako. Dikutip dari berita Kompas.com (1/9/2021), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah telah menganggarkan Rp 28,31 triliun untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id Besaran bansos PKH disesuaikan dengan anggota keluarga penerima.

Rinciannya:

keluarga yang memiliki ibu hamil atau balita akan menerima bantuan Rp 3 juta per tahun.

Sementara keluarga yang memiliki anak SD akan menerima Rp 900.000 per tahun, anak SMP Rp 1,5 juta per tahun, dan anak SMA Rp 2 juta per tahun.

Kemudian jika di keluarga tersebut ada penyandang disabilitas atau lansia, maka bantuan yang berhak diterima adalah Rp 2,4 juta. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. 

Daftarkan email Sedangkan apabila keluarga memiliki 2 orang anak SD, maka bantuan yang diberikan menjadi dobel yakni Rp 900.000 ditambah Rp 900.000 per tahun. Itu artinya, keluarga tersebut akan mendapat dana tunai Rp 1,8 juta per tahun.

Cek penerima bansos PKH: Untuk cek penerima PKH di cekbansos.kemensos.go.id, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

Login ke laman cekbansos.kemensos.go.id 

Masukkan provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan di kolom yang disediakan 

Masukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai data di KTP Ketikkan 8 huruf kode captcha yang tertera Jika kode kurang jelas, klik icon "refresh" untuk mendapatkan kode baru Klik opsi "CARI DATA"

hasil pencarian akan ditampilkan pada laman cekbansos.kemensos.go.id Penyaluran PKH dilakukan melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), yakni Bank Nasional Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Mandiri, dan Bank Tabungan Negara (BTN).

Sumber : kompas.com



Post a Comment

Previous Post Next Post